twitter


Efek Pergantian Nama Domain

Saya memiliki sebuah website yang saat telah terdaftar dan mendapat posisi yang baik di search engine. Namun karena sesuatu hal, saya harus memindahkan seluruh isi web tsb ke sebuah domain baru, dan domain yang lama tidak dipakai lagi. Apakah perpindahan domain ini berpengaruh terhadap rangking website saya di search engine? Jika berpengaruh bagaimana caranya agar rangkingnya bisa dipertahankan.


Perpindahan domain tentu memiliki efek terhadap rangking website Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang 301 permanent redirect pada server Anda. Langkah diperlukan agar pengunjung yang mengakses domain lama, baik dari search engine ataupun direct access, akan langsung diarahkan ke domain yang baru. Permanent redirect bisa Anda setup melalui file .htaccess jika Anda menggunakan server linux/unix, misalnya :

redirectpermanent / http://www.domainbaru.com/

Anda dapat bertanya lebih lanjut mengenai perintah permanent redirect pada server administrator Anda, sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Google akan melakukan index ulang terhadap domain baru dalam waktu 2 hingga 3 bulan. Namun tidak semua search engine mampu melakukan index ulang terhadap pergantian domain. Dalam kasus ini, Anda harus melakukan submit ulang. Proses index ulang content website mungkin tidak akan banyak berpengaruh terhadap rangking, tetapi yang paling berpengaruh adalah nilai link popularity. Link-link dari website lain tentunya masih mengarah ke domain lama, dan inilah yang paling sulit dikendalikan. Mau tidak mau pasti memiliki efek penurunan rangking sepanjang faktor link popularity masih sangat diperhitungkan. Anda harus meluangkan waktu untuk membangunnya kembali.


Perubahan Tampilan Listing di Google

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan perubahan tag title dan teks di halaman index website saya. Dalam beberapa hari perubahan itu telah muncul di Google sesuai harapan saya. Namun keesokan harinya listing yang lama kembali muncul. Sebenarnya apa yang salah pada website saya, apakah perubahan yang saya buat tidak diterima ?

Seperti itulah Google bekerja. Secara umum Google akan membaca content baru Anda dengan cepat, namun akan kembali menggunakan database yang lama dalam beberapa minggu. Tidak ada kesalahan apapun pada content Anda, dan tidak ada yang bisa Anda lakukan sekarang selain sit back and relax :) Biasanya dalam waktu 2 hingga 4 minggu, listing terbaru akan dimunculkan secara permanen. Memang perlu waktu yang lama untuk reindexing, apalagi saat ini Google harus merawat lebih dari 4 milyar record.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda setelah membaca posting di blog ini, jangan lupa disertai identitas anda seperlunya.