twitter


Suatu ketika di sebuah Organisasi mahasiswa berencana mengadakan agenda training dahsyat(rencananya) guna membekali para pengurusnya tentang wawasan manajemen organisasi, kebijakan dari pengurus inti saat itu agenda dilaksanakan sebulan ke depan, dibentuklah kepanitiaan untuk mengurus agenda tersebut, rapat demi rapat pun dilalui dengan sangat serius demi mensukseskan agenda, bahkan yang tidak ikut rapat di beri sanksi harus membayar iuran lebih. singkat cerita di akhir rapat ketua panitia mengecek kesiapan semua sie, "Sie Acara semua kebutuhan siap?"kata pak ketu,"Siap Bos, Juknis tinggal Print, saya PJ-nya". "Sie PPDD?"lanjut Ketupat(Ketua panitia) "Oh Siap, yang penting dah ada Juknis kita tinggal manut aja"(wah, Mannutan ni anak). begitu juga dengan sie lain, semua menyatakan kesiapannya. Rencananya Agenda dilaksanakan Jam 7.00(molor - molornya jam 8 lah, Maklum, Mahasiswa) di Gedung Serba guna yang sudah disewa dengan biaya yang tidak sedikit. Jam 6 Pagi Koordinator Sie Acara bergegas ke sekretariat untuk ngeprint Juknis(g tau dah mandi apa belum), Sesampainya di sekret dia langsung nyalakan PC, Tancepin Flashdisk, Scan Virus(kayaknya dah trauma sama Virus), Buka file "Juknis FIX Dahsyat.docx" kemudian CTRL+P, ding dung. waduh, Printer ngadat, terjadi BLINK!(kedipan indikator Printer) Itu masih beruntung karena masih bisa diservice mode, lebih celakanya lagi… printer terus saja nge-BLINKING setiap mau dipakai, padahal semalem bisa dipake. whuaaaaaaa,, mulai panik dan berusaha menenangkan diri sambil bergumam"tenang,tenang, santai saja, inilah arti perjuangan,(sambil ngelus2 printer Canon IP1980 di hadapannya)" cari rental belum ada yang buka, temen2 yang punya printer ditelpon masih pada tidur, utak atik berulang-ulang CTRL+P ga bisa-bisa hingga akhirnya file "Juknis FIX dahsyat.docx" bisa kecetak jam8.30 di salah satu kos panitia yang dia juga datang terlambat.

Hmmmm. tentunya hal-hal semacam itu semestinya tidak perlu terjadi, berikut kami berikan info agar anda lebih Ma'rifat(mengenal) dengan Sie Cetak mencetak yang terkadang terlupakan peran pentingnya.
Blinking yang ditampilkan oleh printer merupakan sarana komunikasi mereka dengan manusia, jadi kita perlu memahami kode-kode blinking yang disampaikan oleh si Printer, apakah dia menjerit kesakitan, minta makan ayl.

Berikut beberapa kode blink pada printer pixma IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980 :
  • 7x green orange berkedip bergantian atau 1x green, 1x orange,1x green, 1x orange, 1x green .... : Waste Ink Pad Full / Ink Absorber Full. Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter. 
  • 3x Orange 1x green : Ada kerusakan di mekanik printer. Jika anda belum pernah membongkar printer, sebaiknya dibawa aja printer anda ke pusat reparasi pesawat Elektronika.
  • 4x orange 1x green : Printer absorber full (Waste Ink Pad Full). Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  • 5x orange 1x green : Cartridge Warna / Hitam rusak. Ganti Cartridge warna / hitam, selesai. Kerusakan Cartridge disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, dll.
  • 7x orange 1x green : Cartridge Warna rusak. Biasanya terjadi pada IP1980 blink 7x orange 1x green. Ganti Cartridge warna, selesai. Kerusakan Cartridge disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, dll.
  • 8x orange 1x green : ink tank full. Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  • 14x / 15x orange 1x green : Cartridge hitam rusak. Ganti Cartridge hitam, selesai.
  • Jika Printer dinyalakan lampu green nyala penuh tanpa blink (kedip-kedip), kemudian ketika dipakai untuk print baru blink berarti Cratridge anda mengalami "runout". dan biasanya ada komentar di layar windows anda. solusinya : tekan tombol resume antara 10 - 20 detik kemudian lepaskan. Jika masih blink lagi ulangi lagi langkah tadi, bisanya hanya 2 kali yaitu untuk hitam dan warna. Kasus ini sering terjadi ketika Cartridge habis di isi ulang.
Semoga bermanfaat. Salam Hangat

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda setelah membaca posting di blog ini, jangan lupa disertai identitas anda seperlunya.